JIP NEWS: Pada hari Rabu, tanggal 19 Juni 2024 diadakan acara penyerahan mahasiswa PPL 2 PPG Prajabatan 2024 FKIP Universitas Mataram di SDN 31 Mataram. Acara berlangsung mulai pukul 09:00- 10:00 Wita. Acara ini merupakan salah-satu bentuk kegiatan pertama yang dilakukan oleh mahasiswa PPL PPG Prajabatan sebelum menyelesaikan tugas yang diberikan yang berkaitan dengan kegiatan PPL. Kegiatan PPL ini tentunya dapat memberikan pengalaman yang mendalam bagi para mahasiswa untuk melatih dan menyiapkan diri menjadi guru yang profesional. Acara penerimaan ini dilakukan dengan susunan acara mulai dari pembukaan, sambutan-sambutan, pembacaan doa, penutup dan diakhiri dengan foto bersama. 

Acara tersebut diawali dengan pembukaan dengan membaca Al-Basmalah. Kemudian acara sleanjutnya dilakukan dengan sambutan-sambutan, penyambutan pertama disampaikan oleh Bapak Muhamad Tahir, S.Pd., M.Sn. selaku dosen pembimbing lapangan, yang menyerahkan mahasiswa PPL 2 kepada pihak sekolah dan tentunya mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak sekolah karena sudah mau menerima mahasiswa PPL dengan hangat dan baik dan meminta bantuan bapak/ibu guru untuk membimbing mahasiswa PPG selama melaksanakan kegiatan PPL. Selanjutnya, penyambutan dan penerimaan dilakukan oleh Bapak Hasim Asyari, M.Pd. selaku kepala sekolah. Penyambutan disampaikan dengan suasana yang senang dan seru, dikarenakan beliau disamping menyampaikan hal-hal yang tentunya berkaitan dengan kegiatan PPL, beliau mencairkan suasana dengan menyampaikan hal-hal yang mengundang tawa bapak DPL, para bapak/ibu guru, dan mahasiswa PPG.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator PPG, yaitu Bapak I Gede Sudana. Kemudian dilanjutkan dengan bapak Hasim Asyari,M.Pd. memperkenalkan mahasiswa PPL PPG Prajabatan dan guru yang ada di SDN 31 Mataram. Acara berikutnya yakni pembacaan do’a yang dipimpin oleh bapak Mardi Syukron, S.Pd. dan acara diakhiri oleh penutup dengan membaca Al-hamdalah.


Acara ini berlangsung dengan lancar dan penuh rasa kekeluargaan. Para mahasiswa PPL 2 PPG Prajabatan 2024 diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh selama di bangku kuliah dengan baik selama masa praktik di sekolah. Selain itu, kerjasama yang baik antara pihak universitas dan sekolah menjadi kunci utama dalam suksesnya program ini. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengambil banyak pengalaman berharga yang dapat menunjang karir mereka di masa depan.

Dengan adanya acara ini, diharapkan terjalin hubungan yang erat antara FKIP Universitas Mataram dan SDN 31 Mataram, serta memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan.


Sumber Foto dan Teks Dokumen: Mahasiswa TIM PPL 2 SD 31 Mataram